Polemik UN

Sistem pendidikan khususnya di sekolah sangat membingungkan. Di satu sisi Ujian akhir atau Ujian Nasional di perlukan untuk mengukur seberapa anak didik menguasai ilmu yang sudah didapatkan, itu mungkin tujuan utama daripada penyelenggaraan Ujian Nasional. Tapi kenyataan bagi masyarakat umum hanyalah sebagai patokan untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya. Karena tidak bisa dipungkiri nilai adalah sebuah syarat suatu instansi atau sekolah untuk menerima peserta didik, padahal bukan hanya tingkat kecerdasan anak yang menentukan nilai dari Ujian, keadaan atau emosi peserta didik juga menentukan.

Perlukah Ujian Nasional di hapus?

Mengingat biaya Ujian Nasional yang sangat besar, dan apa tujuan sebenarnya diadakan Ujian itu sendiri kalau hanya sebagai patokan sekolah yang lebih tinggi untuk menerima peserta didik, saya kira tidak ada salahnya untuk menghapus Ujian Nasional. Tapi Pemerintah harus mempunyai kebijakan sistem untuk sekolah untuk menerima peserta didik. Dan kebijakan itu harus konsisten tidak berubah-ubah. Seperti selama ini boleh dikata tiap tahun berganti kebijakan sistemnya.
Yang akan menjadi pertanyaan “tahun besok gimana lagi ya?.

Tapi sejauh tujuan Ujian Nasional diadakan memang untuk mengukur kemampuan anak didik. Dan biaya benar-benar membuahkan hasil (tidak terbuang sia-sia). Bisa dipertahankan.

Yang terpenting bagaimana pemerintah menentukan kebijakan yang konsisten, memperhatikan masyarakat atau tidak membuat kebingungan dari masyarakat. Dan juga sebisa mungkin pendidikan jangan dijadikan sebagai ajang politik.

3 Komentar

  1. Salam kenal sobat. lagi” polemik UN. pelajaran 3 tahun hanya ditentukan oleh beberapa hari. sulit” lagi. hehe🙂

  2. Salam knal ya! Kunjungan perdana nich! Sukses slalu buat anda. Ditunggu kunjung baliknya.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s